Pupuk Pembesar Jeruk Agar Berbuah Lebat dan Manis

Posted on

Pupuk Pembesar Jeruk Agar Berbuah Lebat dan Manis

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dan menjadi salah satu prospek yang menjanjikan jika anda ingin menanam tanaman di negeri ini. Salah satu komoditas buah yang dikenal memiliki prospek cukup bagus yakni tanaman jeruk. Nah, bagaimana tips jika ingin menanam buah jeruk dan apa jenis pupuk pembesar jeruk agar berbuah lebat dan manis?

 

Pedoman Budidaya Buah Jeruk

Pertama, sebelum membahas tentang pemupukan lebih detail. Hal yang harus anda pertimbangkan yakni proses pembibitan. Sebagaimana tanaman lain, buah jeruk dapat dibudidayakan dengan dua cara yakni cara vegetatif serta cara generatif. Lalu apa yang menjadi perbedaan dua jenis tipe pembibitan tersebut?

Jika anda ingin membudidayakan jeruk secara generatif, maka langkah yang bisa anda lakukan yakni mengeringkan biji yang sudah diambil saat proses pemerasan buah jeruk sebelumnya. Umumnya biji dilakukan pengeringan angina tanpa sinar matahari secara langsung. Proses pengeringan ini berlangsung dari 2 hingga 3 hari lamanya hingga lendir hilang. Anda juga bisa menyiapkan lahan untuk persemaian dengan kedalaman 30 – 40 cm. Jangan lupa untuk menambahkan produk pupuk nasa ke dalam lahan tanam sebelum lahan ditanami.

Cara pembibitan pohon jeruk yang kedua yakni dengan cara vegetatif. Pada langkah ini, anda hanya perlu menyambungkan tunas pucuk serta melakukan penempelan mata tempel. Jika anda ingin mencoba cara vegetative maka cara yang perlu anda persiapkan yakni dengan menggunakan batang bawah atau rootstock dan anda bisa menggunakan tanaman jeruk yang memiliki akar cukup luas dan kuat, pastikan bahwa daya adaptasi lingkungannya juga cukup tinggi.

Pedoman Pemeliharaan

Nah, jika sudah selesai dengan urusan pembibitan maka langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya? Anda bisa melakukan penyulaman pada tanaman yang tidak dapat tumbuh. Anda juga harus melakukan penyiangan secara teratur sesuai dengan frekuensi pertumbuhan. Jangan lupa untuk melakukan pembubunan yakni proses yang dilakukan untuk menambah tanah jika pangkal akar sudah mulai tampak.

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan yakni mulai memangkas dahan pohon yang tampak kering, sakit atau bahkan tidak produktif. Biasanya dari tunas yang awal muncul akan ada 3 – 4 tuas yang memiliki jarak seragam hingga nantinya membentuk tajuk pohon. Selanjutnya anda bisa menutup bekas pemangkasan tersebut menggunakan lilin dengan tujuan mencegah penyakit.

Nah, langkah selanjutnya yang juga cukup penting yakni dengan melakukan pemupukan susulan. Jika sebelumnya sudah menggunakan pupuk pembesar jeruk agar berbuah lebat dan manis dari NASA. Maka langkah lanjutan yang perlu anda pertimbangkan yakni dengan melakukan pemupukan lanjutan dengan menggunakan beberapa jenis pupuk misalnya Urea, TSP dan KCl. Tambahkan hormonik secara bersamaan dengan pupuk POC organik dari NASA.

Pupuk untuk membesarkan buah jeruk adalah power nutrition nasa.pupuk ini sangat bagus sekali.cara agar tetap untung dalam biaya pemupukan jeruk adalah kurangi pupuk kimia hingga 50% lalu tambah pupuk organik nasa saya jamin hasil panen akan meningkat jeruk juga lebih besar tanpa menggunakan pupuk nasa.sudah banyak petani jeruk yang menggunakan pupuk nasa dan berhasil.silahkan buktikan untuk konsultasi dan order pupuk nasa silahkan hubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *