Pupuk Jambu Jamaika Bol Agar Cepat Berbuah Berbunga

Posted on

Di Indonesia, ada banyak sebutan untuk jambu Jamaika. Ada yang bilang jambu Afrika, dan ada juga yang bilang jambu bol. Sebenarnya, buah ini merupakan komoditi asli Indonesia. Untuk pohonnya sedang yaitu sekitar 15 meter saja. Bunganya berwarna kemerahan, sangat cantik. Sementara daging buah jambu ini padat, gurih, tekstur lembut, dan rasanya manis legit. Karena rasanya yang enak ini, maka buah jambu Jamaika ini menjadi primadona dan harganya juga terbilang mahal jika dibandingkan dengan jambu lainnya.

Perawatan jambu Jamaika agar cepat berbuah

Agar pohon jambu Jamaika cepat berbuah, maka anda harus melakukan perawatan yang bagus dan rutin, yaitu; pemupukan rutin dan pemangkasan. Hal ini dikarenakan tanaman jambu Jamaika ini memiliki daun yang cukup lebat, bahkan batang tanaman hampir tertutupi. Untuk itu, anda harus melakukan pemangkasan. Sisakan beberapa daun di ujung batangnya. Dahan yang mengarah ke dalam juga bisa anda potong. Tujuannya agar sinar matahari dapat menyinari batang juga daun jambu secara maksimal.

Pemangkasan harus dilakukan dengan rutin, bisa 1 atau 2 bulan sekali. Hal ini sangat penting dilakukan agar nutrisi yang terserap bisa maksimal. Lebih dari itu, pemangkasan juga dapat menjadikan pohon jambu tersebut semakin kokoh. Selain pemangkasan, anda juga perlu pupuk agar jambu Jamaika cepat berbuah.

Pemilihan bibit juga perlu dilakukan karena hal ini akan berpengaruh pada masa berbuahnya. Jika bibit jambu dari hasil biji/ generatif, maka anda membutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun untuk dapat menikmati buahnya. Sementara untuk bibit dari teknik okulasi biasanya lebih cepat berbuah, hanya sekitar 1 tahun saja.

Pupuk Terbaik Untuk Jambu Jamaika

Untuk pupuk, anda bisa menggunakan pupuk organik dari Nasa agar jambu Jamaika cepat berbuah, lebat terus tanpa kenal musim, besar, dan rasanya lebih manis. Berikut beberapa produk Nasa yang bisa anda gunakan;

–        Supernasa

–        Power Nutrition

–        Poc Nasa

–        Hormonik

Sementara untuk pengendalian hama bisa menggunakan; Pestona, BVR, dan Glio. Anda juga bisa menggunakan pupuk kimia seperti Urea, TSP/ SP 36, juga KCL. Perbandingan 1:2:3 dapat diberikan per pohon sebanyak 300 gram, waktunya setahun 3 kali.

Untuk penggunaan pupuk Nasa yaitu;

–        Campurkan 2 sendok Supernasa + 5 sendok Power Nutrition dengan 20 litar air. Siramkan ke bagian akar untuk 10 pohon. Jadi per pohon dapat 2 liter. Anda bisa lakukan cara ini 2 bulan sekali.

–        Campurkan 6 tutup botol Poc Nasa + 2 tutup botol hormonik + ½ tutup Aero 810 + 8 tutup Pestona dengan 14 liter air. Semprotkan pada daun jambu di waktu pagi hari sebelum pukul 10 pagi.

Demikianlah rekomendasi pupuk agar jambu jamaika cepat berbuah dari Nasa. Setelah anda menggunakan pupuk tersebut, anda akan dapat merasakan manfaatnya seperti tanah akan lebih subur dan gembur, serangan hama berkurang, cepat berbuah.jangan ragu dan sungkan jika ingin order atau konsultasi silahkan hubungi kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *