Pupuk Bagus Untuk Memperbesar Buah Anggur Panen Meningkat

Posted on

Pupuk Bagus Untuk Memperbesar Buah Anggur Panen Meningkat

Kalian ingin membudidayakan anggur? Tapi masih bingung dan takut nantinya akan terjadi kendala saat masa pertumbuhan tanaman tersebut, seperti tanamannya tidak berbuah? Atau takut kuantitas ukuran buahnya tidak sesuai yang membuat harga jualnya menurun?

Mungkin kalian harus tahu duku bagaimana tips menanam tanaman anggur.

Tips Menanam Tanaman Anggur

Tentu kalian sebelum mulai menanam tanaman anggur, harus mengetahui beberapa tips untuk menanamnya. Dan tipsnya diantaranya,

  1. Mengetahui Kondisi Tanah yang Sesuai

Salah satu yang sering menjadi kendala saat mulai menanam adalah saat waktu pertumbuhan tiba terjadi beberapa kendala pertumbuhan. Dan hal ini tentu dapat berkaitan dengan kondisi dari media tanamnya yang kurang bagus.

Dan untuk menanggulangi hal itu, kalian perlu memahami media yang bagus untuk menanam anggur, yaitu yang sesuai serta memiliki kriteria dibawah ini,

  • Struktur tanah lempung berpasir dan proporsi lempung 30-50 persen, tanah perbanas 30-50 persen, serta tanah liatnya 7-12 persen.
  • Drainase serta reaksinya harus baik.
  • pH tanah yang bagus dan sesuai adalah sekitar 5,5 – 7,3.
  • Menggunakan tanah yang kaya dengan C Organik karena disukai tanaman anggur. Dan kandungan yang telah disarankan adalah sekitar >2 persen.

Tentu saja media tanam di atas sangatlah berperan penting jika ingin pertumbuhan yang maksimal di tanaman anggur kalian.

  1. Memilih Pupuk yang Bagus dan Terbaik

Ada banyak faktor yang dapat membuat tanaman memiliki pertumbuhan yang buruk serta tidak tumbuh sesuai yang kita harapkan. Dan karena ini lah kalian harus memilih jenis pupuk yang bagus serta memilih jenis Pupuk untuk memperbesar buah anggur panen meningkat.

Jenis pupuk yang bagus misalnya, pupuk yang mempunyai kandungan unsur hara mikro serta makro.

Unsur hara Makro itu seperti N, P, K. Sedangkan unsur hara Mikro seperti, Natrium (Na), Kalsium (Ca), Zat Besi (Fe), Magnesium (Mg), dan yang lainnya.

Tapi selain unsur hara makro serta mikro seperti di atas, kalian juga memerlukan C organik yang tinggi serta pH yang sesuai dengan tanaman anggur kalian. Dan maka dari itu, pilihlah juga pupuk dengan kandungan C organik serta pH yang sesuai.

Memakai Pupuk Nasa untuk Tanaman

Salah satu merk pupuk yang bagus dan bisa kalian coba adalah pupuk Nasa. Dan pupuk Nasa sendiri mempunyai beberapa jenis pupuk yang bagus dan memiliki Pupuk untuk memperbesar buah anggur panen meningkat juga.

Jenis pupuk Nasa diantaranya,

  1. POC NASA

Pupuk ini adalah pupuk organik cair yang telah dirancang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap di tanaman, lalu juga bisa dipakai untuk peternakan serta perikanan dikarenakan terbuat murni dari bahan-bahan yang organik.

  1. Hormonik

Yang satu ini memiliki hormon dengan senyawa alami dengan zat pengatur tumbuh yang dibuat untuk membantu dalam mengatur pertumbuhan sebuah tanaman yang terdiri dari Hormon Auksin, sitokinin, giberelin.

Hormonik ini cukup bagus dan aman dipakai untuk kesehatan manusia, hewan, serta lingkungan. Dan jenis ini memiliki dosis yang lebih lebar dan tidak membahayakan jika kelebihan dosis.

  1. Supernasa

Yang satu ini pupuk organik yang bagus digunakan untuk pembenah tanah atau biasa juga disebut dengan starter kesuburan. Pupuk satu ini bagus untuk memperbaiki suatu kerusakan tanaman dan membantu mikroorganisme tanah yang juga bagus untuk tanaman.

JENIS DAN PENANGANAN HAMA/PENYAKIT TANAMAN ANGGUR
1. Hama
Kutu Phylloxera (Phylloxera vitifoliae)
Gejala tanaman yang terkena Kutu Phylloxera yaitu terdapat bisul-bisul kecil pada daun dan akar tanaman membengkak seperti kutil, akibatnya tanaman tumbuh kerdil, layu dan buah yang dihasilkan sedikit. Pengendalian yang dapat dilakukan yaitu tanaman yang terserang dipangkas dan dibakar dan semprot dengan Natural BVR atau PESTONA.

Tungau Merah (Tetranychus sp.)
Gejala tanaman yang terkena Tungau Merah yaitu terdapat bercak-bercak kuning pada daun dan berubah hitam, mengakibatkan pohon anggur tumbuh kerdil dan menghasilkan buah yang sedikit. Pengendalian yang dapat dilakukan yaitu semprot dengan Natural BVR atau PESTONA.

Ulat kantong (Mahasena corbetti)
Gejala tanaman yang terserang ulat kantong yaitu terjadi akan terdapat lubang-lubang kecil pada daun. Pengendalian yang dapat dilakukan yaitu pangkas dan potong tanaman terserang berat dan dibakar lalu semprot dengan POC NASA ditambah PESTONA.

Kumbang Daun (Apogonia destructor)
Hama ini menyerang bagian daun dengan cara memakan dan merusak daun, membuat lubang-lubang kecil pada permukaan daun. Lakukan pengendalian hama ini dengan memasang lampu perangkap dan penyemprotan PESTONAuntuk memusnahkan hama.

Ulat grayak (Spodoptera sp.)
Hama ini menyebabkan daun menjadi rusak dan berlubang. Untuk pengendalian, semprot tanaman menggunakan Natural VITURA.

Ngengat buah anggur (Paralobesia viteana atau Grape Berry Moth)
Ngengat buah memakan bunga dan buah anggur yang masih pentil dan tua sehingga buah tidak normal. Untuk pengendalian, bakar dan buang buah anggur yang rontok, lalu semprot dengan PESTONA paling lambat 14 hari sebelum panen.

Hama lain yang menyerang tanaman anggur yaitu rayap, tikus, burung, tupai dan kelelawar. Untuk mengendalikan hama tersebut lakukan sanitasi kebun dengan baik, bungkus buah menggunakan kantong plastik, dan menghalau hama menggunakan perangkap untuk memusnahkannya.


2. Penyakit
Tepung Palsu (Downy mildew)
Penyebab penyakit tepung palsu yaitu jamur Plasmopora viticola. Jamur ini menyerang bagian batang muda, sulur, tangkai buah dan butir buah. Pengendaliannya yaitu kurangi kelembaban kebun (dipangkas), potong dan musnahkan tanaman terserang, pasang naungan, Natural GLIO ditambah gula pasir.

Cendawan Tepung (Powder mildew)
Penyebab penyakit cendawan tepung yaitu jamur Uncinula necator. Tanaman yang terserang memiliki ciri daun menggulung ke atas ditutupi tepung berwarna kelabu sampai agak gelap, batang sakit coklat. Untuk pengendalian, semprot dengan Natural GLIO yang ditambah gula pasir.

Bercak Daun (Cercospora viticola dan Alternaria vitis)
Gejala tanaman yang terserang bercak daun terdapat bercak-bercak coklat dan bintik-bintik hitam dan menyebabkan tunas dan daun kering dan rontok. Pengendaliannya yaitu lakukan sanitasi kebun, kurangi kelembaban kebun, potong dan musnahkan daun yang terserang, dan semprot menggunakan Natural GLIO.

Karat Daun
Penyakit karat daun disebabkan oleh jamur Physopella ampelopsidis. Ciri tanaman yang terserang yaitu terdapat tepung berwarna jingga pada sisi bawah daun dan pada sisi atas daun ada bercak-bercak hijau kekuningan dan seluruh permukaan tertutupi lapisan tepung sehingga daun kering dan rontok. Pengendalian yang dapat dilakukan yaitu pangkas daun sakit dan semprot dengan Natural GLIO ditambah gula pasir.

Busuk Hitam (Black Rot)
Penyebab penyakit busuk hitam yaitu jamur Guignardia bidwelli. Ciri tanaman yang terserang yaitu terdapat bercak-bercak kecil berwarna putih pada buah hampir matang dengan warna tepi coklat, kemudian busuk buah mengendap dan mengeriput hitam seperti “mummi”. Pengendalian yang dapat dilakukan yaitu pangkas bagian sakit, kurangi kelembaban, bungkus buah, Natural GLIO dan gula pasir.

Kudis (Scab)
Penyebab penyakit kudis yaitu jamur Elsinoe ampelina. Jamur ini menyerang semua bagian tanaman. Ciri tanaman yang terserang yaitu terdapat bercak kelabu dengan tepi coklat kemerahan, kemudian daging buah mengeras dan berkudis. Pengendaliannya yaitu pangkas bagian yang sakit, sanitasi kebun, semprot Natural GLIO ditambah gula pasir.

Busuk Kapang Kelabu (Gray Mould Rot)
Penyebab penyakit busuk kapang kelabu yaitu jamur Botrytis cinerea. Jamur ini berkembang pada saat buah anggur menjelang masak. Buah berwarna cokelat tua, keriput dan busuk. Pengendaliannya yaitu penanganan panen dan pasca panen yang baik, semprot dengan Natural GLIO ditambah gula pasir.

Untuk pemesanan dan konsultasi silahkan hubungi kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *