Cara Pemupukan Porang yang Benar Panen Maksimal

Posted on

Cara Pemupukan Porang yang Benar

Porang yang nama latinnya Amorphophallus muelleri blume, memiliki manfaat untuk bahan baku kosmetik, dan lem, juga jelly serta bahan pangan rendah kalori yang mudah diolah. Umbi Porang mengandung glukomanan yang bagus untuk kesehatan. Jadi nilai ekonomisnya tinggi, bisa diekspor ke Jepang, dan Cina, juga Vietnam serta Australia.

Habitat Ideal Porang

Tanaman Porang memerlukan kondisi sebagai berikut.

Intensitas cahaya sekitar 60 % hingga 70 %

Tingkat Ketinggian ideal 100 m dpl hingga 600 m dpl.

Tanah yang gembur yang tidak becek, dengan tekstur lempung berpasir

Skala derajat keasaman Ph ideal tanah sekitar 6 hingga 7.

Ditanam dibawah naungan pohon Jati, atau Mahoni Sono.

Cara Tanam Porang di Lahan Datar

Bersihkan lahan dari semak-semak liar atau gulma lalu buat guludan dengan lebar 50 cm dan tinggi 25 cm. Sedangkan panjangnya sesuaikan dengan lahannya. Beri jarak 50 cm antar guludan.

Cara Tanam Porang di Lahan Miring

Jika hendak ditanam di lahan yang miring, maka setelah lahan dibersihkan lalu buat lubang untuk tempat tumbuh bibit Porang.

Bibit Porang

Bibit Porang bisa diperbanyak dengan cara vegetatif maupun generatif yakni dengan bijinya atau bulbil. Pilih bibit umbi orang yang sehat. Kebutuhan bibit per luas lahannya sangat tergantung pada jenis bibitnya serta dan jarak tanamnya. Tingkat prosentase  pertumbuhan benihnya per lahan bisa mencapai hingga 90%. Diperkirakan untuk lahan seluas 1 hektar dengan jarak tanam 0,5 m maka akan memerlukan bibit sekitar 300 kg.

Waktu Tanam Porang

Umbi Porang sangat tepat ditanam pada saat musim hujan, yakni di sekitar bulan November hingga Desember.

Langkah Cara Tanam Umbi Porang

Bibit Porang yang sehat secara satu per satu dimasukkan ke dalam suatu lubang tanam dengan posisi bakal tunas yang menghadap ke atas. Pada setiap lubang tanamnya diisi dengan 1 bibit Porang, sesuaikan dengan jarak tanamnya

Lalu tutup dengan tanah halus atau tanah olahan dengan tebal sekitar 3 cm.

Cara Pemupukan Porang yang Benar

Pupuk yang paling tepat untuk Porang adalah pupuk Nasa. Pupuk diberikan pada saat tanah belum ditanami dengan diberi pupuk dasar. Setelah ilalang dan tanaman liar lainnya dibersihkan dari lahan. Kemudian campurkan pupuk serbuk Nasa dengan sejumlah tanah dan sebarkan di lahan dan gemburkan tanah. Lalu diamkan selama sekitar 3 hari dan sirami agar pupuk meresap masuk ke tanah. Setelah itu bisa digunakan untuk menanam Porang. Lalu berikan pupuk lagi sebulan kemudian. Pupuk susulan berikutnya bisa diberikan setiap setahun sekali sebelum memasuki awal musim hujan. Cara pemberian pupuknya dilakukan secara tanam dengan membuat lubang di sekeliling tanaman Porang. Dosisnya ialah sekitar 45 gr pupuk Nasa tabur per lubang. Lalu tutup kembali lubang lingkaran tanah yang telah ditaburi pupuk Nasa dengan tanah.

Panen awal Porang bisa dilakukan setelah mencapai usia 2 tahun hingga 3 tahun lalu setahun sekali sesudahnya.gunakan pupuk nasa granule untuk menyuburkan tanah tambahkan pupuk nasa poc dan hormonik untuk memacu pertumbuhan karena didalam horminik terdapat zat zpt atau zat pengatur tumbuh.dengan mengurangi pupuk kimia dan menambah pupuk nasa dijamin panen meningkat karena sudah kami buktikan.konsultasi dan order silahkan hubungi kami.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *